perjalanan minimalisme : rumah

apa siyh pentingnya minimalisme? nikmatin hidup ajalah..  klo kata orang tua saja.. enjoy aja..nekad aja? bisa gak siyh itu sekarang? yang penduduknya sudah berkali-kali lipat? nanti jaman anak kita udah berapa juta penduduk saingannya? klo orang tua ku pasti bilangnya bakal..santai aja lha!! lha aku santai koq cuma mengatur aja keuangan yang ada dengan bikin prioritas. aku pernah juga dapet pengalaman di teror debt collector yang nyari orang tua aku dan itu kayaknya bikin trauma sendiri. satu lagi yg paling penting, semua orang punya mimpi kan yah? ada yang mau uangnya banyak.. ada yg pengen kemana? ada juga yang pengen punya waktu lebih banyak nah dengan tidak banyak hal material yang diurus menjadikan kita bisa lebih banyak waktu untuk mengejar mimpi kita. misalkan aku niyh pengen punya waktu untuk nulis dan baca buku, nah waktunya akan abis klo aku harus ngurus barang yg banyak macam melipat baju yg jumlahnya buanyak bgt. kalau kata orang mah “u buy clothes to impress the person u dont like, with the money u dont have” 😀 janganlah yah.

 

Rumah

rumah jadi yang pertama kami pilih alasannya lokasi, lokasi, lokasi yang kedua fasilitas yang ngebuat anak bisa main dengan aman, yang ketiga baru harga? lha kenapa koq harga, katanya ngirit, hemat. beda lho yah minimalisme bukan tentang ngirit duit semata-mata perhatikan juga quality nya, pertimbangan begini rumah yg aku sewa luasnya cuma 60, kecil yah dengan biaya sewa 25 juta per tahun, tapi ada fasilitas kolam yg ditata dengan rapih, ada tamannya, ada keamanan yang ok, ada lapangan basket yg oke. nah dirumahku sendiri jarak ke sekolah dan tempat kerja bisa 45 menit, tidak ada fasilitas untuk anak bermain macam taman sehingga mau pulang balik nanggung, eh terus ke mall nunggu, terus anaknya ke mall juga nah biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih gede, lainnya adalah aku hemat biaya member gym, karena fasilitasnya cukup buat aku jalan pagi dan renang, memungkinkan untuk aku olahraga tiap hari. hemat lainnya adalah attan gak perlu jemputan, jemputan attan ke rumah lamaku yang sejarak itu di kisaran 1jt300… waw donks yahhhh.

dengan rumah yang luasnya kecil, artinya barangnya juga gak boleh banyak-banyak kan jadi sempit, gak ada tuh tiap ruangan harus dihias . dari sini berimpact pada gak memerlukan ART karena sebenernya rumah bisa dibersihkan sendiri dengan cepat. aku cuma perlu 15 menit untuk ngepel, cuma pembantu rumah depan aja siyh yang kasiyan ma saya dan suami karena tidak memiliki mbak yang bantuin.

 

dengan gak ada pembantu, anak-anak jadi biasa naruh barang sendiri, pakai baju sendiri karena tau emaknya yang montog ini akan kering kerontang kecape-an. jadinya rattan suka bantu beresin kasur, mandi sendiri, ambil apa yang dia butuhin sendiri, bantu jemur atau jaga michelle. so far emaknya udah seneng bgt.

 

Leave a reply

Comment