tabungan nol, hutang nol. mulai dari mana?

Haiya..

Hows ur day?

Since september we’ve been all over the place move in.. Move out.. Move school.. Find another school for rattan..taking care a new business and so on.. And so on.. jadi ketika kami berangkat ke aberdeen, kami menghilangkan semua cicilan zap!!! gone! yes! gak ada cicilan rumah, atau mobil… freedommmm! dengan sedikit tabungan (banyak juga siyh klo buat minum kopi sachet) kami berangkat ber empat, tabungan untuk nambah biaya hidup disana, secara yee ini budget anak sekolah beasiswa. begitu balik ke Indonesia. disitulah..disitulah tabungan nol.. hutang nol… tapi attan pindah ke sekolah yang berbayar lagi, dan langsung siap-siap uang masuk sekolah SD attan yang memang sudah lama kami incar.

 

plus, kami tidak berniat balik ke rumah lama yang nantinya akan jauh dari sekolah attan, karena aku dah berniat untuk antar jemput anak sekolah dan les, memulai bisnis daerah situ juga, jadi kami memutuskan mengontrak dekat sekolah SD attan nantinya demi hematnya waktu. kalau untuk uang masuk sekolah attan aku ada tabungan yang dititipkan di orang lain aka dipinjam jadi mengurangi, nah rumah kontrakan yang kita incar itu harus bayar dua tahun langsung, dan memulai usaha baru yang kita pikir akan jadi prospek baik mengingat harga minyak yang melemah, banyak perusahaan minyak asing di indonesia yang menutup operasi dan juga perusahaan diluar banyak yang belum membuka lowongan kerja lagi. jangan pesimis, satu pintu tertutup, pintu lainnya terbuka.

 

jadi apa yang kami lakukan? iyah kami masukan sertifikat satu rumah untuk modal usaha dan sedikit biaya hidup sampai aa kembali masuk kantor. sekarang setelah masuk kantor dan aku kembali kerja, aku berniat banget mengembalikan pinjaman dari bank itu dalam waktu 1,5 tahun pake ala ala dave ramsey  yang snowball debt itu lho.. harapannya usaha tetap jalan dan dia akhir 1,5 tahun lagi aku bisa jadikan modal usaha tetap, perjalanan pake snowball debt itu membawa aku kenal hidup minimalis dan time management yang dulu itu im suck at it!

nanti aku ceritain terus yah perjalanan debt free aku dan si hidup minimalis dan management waktu.. sekarang si mbok jemput attan dulu.

Leave a reply

Comment